Cara Memperbaiki Kartu SIM (Simcard) yang Tidak Terbaca Oleh HP.

       Bagaimanakah Cara Memperbaiki Kartu SIM (Simcard) yang Tidak Terbaca oleh HP? Banyak juga yang mengalami masalah yaitu tiba-tiba kartu Sim tidak terbaca oleh HP saat sedang digunakan. Mungkin juga anda pernah mempunyai pengalaman dengan smartphone yang sedang dalam saku ketika dikeluarkan ada keterangan "Undetected SIM", “Sim card not inserted”  atau "SIM initialization failure"? Apabila masalah semacam ini mengenai SimCard tidak terdeteksi atau tidak terbaca di ponsel atau Tablet anda maka ada beberapa yang perlu dilakukan pengecekkan. Kemungkinan juga bisa jadi tidak ada kerusakkan dan hanya karena kotor saja dan bisa juga terjadi kerusakkan pada salah satu komponen baik dari hp atau dari kartu sim nya.

Pada Hp yang tidak bisa membaca kartu SIM bisa diakibatkan konektor yang tidak bisa medeteksi adanya SIM tersebut. Terkadang juga bisa jadi kerusakkan yang diakibatkan karena chip yang ada pada kartu SIM memang sudah rusak atau konektor pada tempat simCard pada hp kotor sehingga terhalang dalam pembacaan. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekkan untuk mengatasi kartu sim yang tidak terdeteksi.

Sedangkan apakah yang menjadi penyebab kartu SIM tidak terbaca? ada banyak faktor yang bisa merusak kartu SIM atau komponen pembaca pada HP akibat selalu gonta ganti kartu SIM, ini bisa mengakibatkan lecet pada bagian Chip di Kartu SIM dan juga pada konektor di HP. Di bawah ini ada beberapa macam cara memperbaiki kartu SIM (simcard) yang tidak terbaca oleh HP, smartphone atau pada tablet.


Cara Memperbaiki Kartu SIM (Simcard) yang Tidak Terbaca Oleh HP.

 

Cara Memperbaiki Kartu (Simcard) yang Tidak Terbaca Oleh HP.


Sedangkan langkah-langkah atau cara memperbaikinya adalah sebagai berikut :

  • Pertama periksalah Konektor pada Tempat Kartu : Masalah penting yang harus dilakukan adalah mengecek konektor dengan cara membersihkan. Gosoklah dengan cara pelan-pelan pada ujung-ujung konektor dan juga lakukan pemeriksaan apakah masih normal secara visual, artinya yaitu tidak ada yang bengkok atau aus. Untuk memeriksa sambil dibersihkan secara perlahan itu supaya kotoran dan kerak yang menempel bisa hilang. Dan cara membersihkannya bisa menggunakan larutan minyak kayu putih yang diteteskan pada ujung cotton bud. Ada beberapa tipe ponsel memang ada yang sulit dijangkau, bisa teteskan dan masukkan kapas dan gosok perlahan-lahan.
  • Yang kedua Periksa Kartu SIM : Lalukanlah pembersihan seperti di atas pada chip kartu SIM. Kadang biasanya kartu SIM yang sudah terlalu lama akan tampak dan muncul titik-titik bekas konektor, bersihkan pada bagian tersebut, bisa juga hanya karena kerak yang menempel dan menutup koneksi ke Ponsel. Setelah itu pasang kembali.
  • Yang ketiga Tukar Kartu dan Ponsel : Andaikan masalah diatas masih juga belum bisa mengatasi kartu sim tidak terbaca, caranya bisa dengan memasukkan kartu SIM lain ke dalam ponsel. Dan jika terbaca artinya kartu SIM anda yang telah rusak. Atau bisa dilakukan sebaliknya, yaitu masukkan kartu SIM anda ke HP atau Tablet lain, jika terbaca berarti konektor pada hp anda yang rusak, andekan sama tidak terbaca berarti perlu ganti kartu SIM. Jalan keluarnya datang ke Galeri(indosat) atau Grapari(telkomsel) sesuai provider anda dan minta kartu yang baru. Perlu diingatkan bahwa jangan lupa membawa KTP, yang akhirnya akan diganti dengan kartu baru namun dengan nomor yang sama.
  • Yang keempat Ganti Konektor : Dan apabila yang anda lakukan di atas ternyata konektornya yang rusak, artinya SIM tidak bermasalah, maka bisa dimungkinkan bahwa permasalahannya jelas ada pada konektor. Bisa anda melakukan pembersihan ulang siapa tahu memang belum bersih. Apabila dibersihkan masih saja belum bis, berati konektornya yang harus diganti. Berbeda tipe ponsel maka berbeda pula komponennya. Ada beberapa smartphone yang bisa menggunakan konektor ponsel lain. Untuk masalah jenisnya sarankan berkonsultasi dengan teknisi ponsel.
Demikianlah mengenai langkah atau cara memperbaiki kartu SIM (Simcard) yang tidak terbaca oleh HP. Perlu diperhatikan dalam mengatasi Kartu SIM yang tidak terbaca di ponsel memang perlu dilakukan secara hati-hati karena jika anda membersihkannya terlalu keras bisa mengakibatkan konektor bengkok atau bisa tambah rusak, sekian terimakasih.

* Anda bisa baca :

Artikel Terkait Cara Memperbaiki Kartu SIM (Simcard) yang Tidak Terbaca Oleh HP. :

2 komentar

min mau tanya ada solusinya nggk seandainya sim card pada hp andromax tidak bisa ngebaca kartu indosat tapi kalo pakek kartu selain indosat sinyalnya mau keluar.
terima kasih

Balas

Diberdayakan oleh Blogger.