Sembuyikan File dan Folder pada Komputer PC atau Laptop.


       Bagaimanakah Cara sembunyikan File dan Folder pada Komputer PC atau Laptop ? Kebanyakan orang mempunyai sebuah privasi tersendiri yang memang benar-benar dianggap sebuah rahasia dan tidak perlu diketahui oleh siapapun. Walaupun di dalam dunia nyata maupun juga di dalam dunia maya, baik itu di handphone atau Komputer yang dimiliknya.
Untuk itu apabila anda memang mempunyai privasi atau memiliki sebuah file di laptop / komputer yang penting dan bersifat rahasia yang seharusnya tidak ada seorangpun yang bisa membuka file tersebut, anda bisa menyembunyikan file tersebut dari laptop / computer yang anda miliki dengan mengikuti langkah langkah sebagai berikut yaitu dengan cara sembunyikan File dan Folder pada Komputer PC atau Laptop.

Kemudian dengan cara ini kami telah mempergunakan fitur bawaan yang sudah disediakan oleh windows itu sendiri. Maka dari itu anda tidak perlu menggunakan pemrogaman script dari notepad yang di berikan ekstensi .bat ataupun software khusus yang hanya digunakan untuk menyembunyikan file itu. Tetapi perlu juga anda ketahui, bahwa menyembunyikan file ini, anda akan tetap tidak bisa mencari file yang disebunyikan tadi melalui fitur search, kecuali jika anda mengatur untuk memperlihatkan file yang terhidden tadi melalui fitur yang telah disediakan atau bisa juga menggunakan CMD. Dan akhirnya bisa berhasil cara sembunyikan File dan Folder pada Komputer PC atau Laptop.

Begitu juga andaikan memang suatu saat terkena virus yang telah masuk kedalam komputer anda dan kebetulan ada file yang hilang, anda bisa menggunakan cara ini. Juga perlu anda ketahui file yang hilang karena virus itu bisa saja cuma terhiden saja. Apakah jika kita sembunyikan suatu folder, isinya akan bisa terhapus ? Tentu saja tidak, karena file ini telah disembunyikan oleh sistem, dan bukan dihapus dan akan aman karena menggunakan fitur bawaan OS windows itu sendiri. Di bawah ini akan kami jelaskan langkah-langkah cara sembunyikan File dan Folder pada Komputer PC atau Laptop :

Sembunyikan File dan Forder pada Komputer PC atau Laptop. 

 

Sembunyikan File dan Forder pada Komputer PC atau Laptop.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama nyalakan atau turn on pada perangkat computer atau laptop anda.
  •  Kemudian anda sampai ke tampilan desktop, silahkan untuk menuju file yang ini di sembunyikan tadi, lalu klik kanan dan klik Properties.
Sembunyikan File dan Forder pada Komputer PC atau Laptop.

  •   Setelah itu lanjutkan centang kotak Hidden dan klik Ok atau Apply


Seandainya jika muncul tab baru seperti ini, silhakan klik Apply changes to this folder, subfolers, and files dan klik ok



Dan file yang anda pilih tadi segera terhidden atau tersembunyi dengan sendiri nya. Kemudian bagaimana jika kita ingin membuka kembali file tersebut ? untuk itu sebaiknya perhatikan cara-cara di bawah ini.

Cara Membuka File Yang Tersembunyi atau Terhidden di Laptop.

Kemudian jika anda sudah berhasil menyembunyikan file tersebut, dan ternyata anda ingin membuka file itu kembali, silahkan ikuti cara yang mudah di bawah ini.
  1.  Pertama silahkan masuk ke folder tempat dimana file yang tersembunyi tadi berada.
  2. Kemudian klik tools atau organize yang berada disebelah pojok kiri atas (tiap komputer berbeda, ada yang menggunakan tools dan ada juga yang menggunakan organize).
  3.  Lalu di klik maka akan muncul menu bar drop down, kemudian silahkan klik Folder and search options.
     

    Setelah di klik, maka akan muncul tab baru seperti ini, silahkan pindah ke tab view, dan klik Show hidden diles, folders, and drivers dan klik ok

Setelah klik ok yang tadi, maka file yang terembunyi atau terhidden  sudah bisa anda lihat lagi dan sudah bisa dibuka lagi.

Perhatian : jika anda telah selesai melihat folder yang tersembunyi atau anda sembunyikan tadi silahkan kembalikan pengaturan awal nya seperti melakukan cara membuka file yang tersebuyi tadi. Bedanya, pada tab view silahkan kalian klik Don't show hidden diles, folders, and drivers.





       Demikianlah cara sembunyikan File dan Forder pada computer PC atau laptop, karena dengan semua cara tersebut maka akan tersembunyi apa yang menjadi privasi anda. Untuk itu supaya berasil dalam melakukannya harap diperhatikan langkah-langkah yang telah dicantumkan di atas yaitu cara sembunyikan File dan Foder pada computer PC atau laptop, sekian terimakasih.

  * Anda bisa baca :








Artikel Terkait Sembuyikan File dan Folder pada Komputer PC atau Laptop. :

Diberdayakan oleh Blogger.