Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Smartphone Samsung.


     Bagaimanakah cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada smartphone Samsung ? Bermacam-macam merek ponsel yang terkenal seperti Samsung pastinya telah banyak digunakan diberbagai negara. Karena ponsel yang canggih sekarang ini dapat menjadikan suatu keharusan spesifikasi unik juga menarik yang wajib dimiliki oleh banyak orang dan seolah bisa berubah menjadi kebutuhan pokok. Maka dari itu vendor Samsung telah banyak mengedarkan hasil dari produk yang bagus dan mempunyai spes

Dengan persaingan teknologi ponsel yang canggih Samsung ternyata memiliki banyak problem yang sering dijumpai oleh pengguna ponsel dari vendor asal Korea Selatan ini. Mungkin anda juga tahu bahwa setiap ponsel dari Samsung memiliki kelebihan dan kekurangan, tnamun problem yang terjadi pada smartphone Samsung sering membuat pengguna merasa tidak puas juga kecewa, untuk itu di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada Smartphone Samsung.

Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Smartphone Samsung.

Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Smartphone Samsung


Permasalahan Pada Smartphone Samsung.

Permasalahan yang sering terjadi pada smartphone Samsung ternyata banyak yang tidak menyadari bahwa produk dari Samsung mengusung jenis chipset yang tidak sama. Dan tidak hanya pada bagian chipsetnya saja, namun juga dari segi dapur pacunya telah menyesuaikan dengan patokan harga jual sehingga menyebabkan kinerja setiap ponsel berbeda.

Permasalahan smartphone Samsung adalah sebagai berikut :
  • Sering terjadi Restart Sendiri.
Problem yang sering terjadi dialami pada smartphone Samsung ini yaitu sering restart sendiri. Biasanya masalah tersebut terjadi pada ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Semua itu dikarenakan kapasitas memori yang diberikan oleh Samsung sendiri tidak terlalu besar dan maksimal mencapai 4GB. Yaitu tipe smartphone yang sering mengalami mati sendiri atau restart adalah Samsung Galaxy Young dan Galaxy V serta beberapa smartphone lainnya. Kapasitas memori yang terbatas membuat sistem terasa berat dalam menjalankan setiap aplikasi.

Cara mengatasi masalah tersebut Anda dapat melakukan Reset Factory. Caranya yaitu dimulai dari masuk ke opsi Settings lalu pilih opsi Backup and Reset dan pilih lagi opsi Factory Data Reset kemudian pilih Reset Device Erase Everything. Kemudian setelah selesai maka semua data di ponsel akan hilang seperti layaknya sebuah smartphone baru. Install kembali semua aplikasi yang Anda butuhkan lalu hindari menginstall aplikasi yang memakan memori besar ke dalam ponsel itu.
  •  Layar Smartphone Terjadi Dead Pixel.
Kadang terjadi keluhan kasus dead pixel pada ponsel Samsung. Tidaklah terlalu sulit dalam mengecek kondisi layar smartphone Anda dan untuk mengeceknya gunakan aplikasi Dead Pixel Test dan jika terbukti layar smartphone memiliki dead pixel maka cepat-cepatlah bawa ke service center Samsung untuk menservis atau mengklaim garansi sebelum terlambat.
  • Baterai Semakin  Cepat Habis.
Setiap baterai pada smartphone memang selalu mengalami penurunan. Tetapi kebanyakan dari smartphone besutan Samsung tersebut dibekali dengan kapasitas baterai kecil dibandingkan dengan smartphone lainnya. Tidak hanya kualitas baterai yang kurang memuaskan, terkadang penggunaan TouchWiz UI dimana berisi banyak aplikasi bawaan membuat banyak pengguna smartphone Samsung mengeluhkan daya baterai yang semakin boros sehingga cepat lemah.

Untuk mengatasi baterai boros caranya adalah dengan menghapus aplikasi bawaan yang sudah tak terpakai atau bisa dengan mematikannya sementara. Yaitu anda bisa masuk ke menu Settings lalu buka opsi Applications dan pilih aplikasi yang akan dimatikan. Dan hal tersebut salah satu mengatasi masalah yang sering terjadi pada Smartphone Samsung.
  • Performa Smartphone Semakin Lemot.
Tidak hanya smartphone merek Samsung saja tetapi banyak performa dari smartphone vendor lain semakin lemot atau lambat. Bisa juga performa smartphone yang semakin lemot dikarenakan kelas ponsel yang tergolong masih rendah atau low-end. Kapasitas memori internal dan RAM yang kurang bisa memenuhi kebutuhan pengguna bisa jadi satu penyebab performa ponsel semakin menurun juga.

Bermacam-macam fitur bawaan juga dapat menyebabkan performa ponsel semakin menurun atau lemot. Yaitu fitur yang menyebabkan performa dari ponsel Samsung bertambah lambat adalah S Voice. Rata-rata untuk smartphone level low-end akan terjadi lag atau macet dalam proses loading. Maka dari itu sangat penting untuk mematikan fitur S Voice tersebut.
  • Tidak Dapat Membuka Kamera.
Sering juga dialami oleh pemakai smartphone Samsung yaitu tidak bisa membuka kamera. Yaitu kadang menjumpai tulisan Warning, Camera Failed ketika ingin membuka kamera. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan Clear Chace dengan beberapa langkah yakni masuk ke menu Settings lalu pilih opsi Applications dan pilih lagi Application Manager kemudian cari pilihan Camera lalu pilih opsi Clear Chace.
  • Tombol Volume dan Power Kurang Responsif.
Masalah yang lainnya juga sering sekali tidak dapat memfungsikan tombol volume dan tombol power yang kurang responsive. Jika Anda menjumpai permasalahan tersebut solusinya adalah melakukan Factory Reset. Pakailah aplikasi pihak ketiga yakni Volume ChopCut dan Power Button to Volume Button. Nantinya jika smartphone sudah dilakukan proses root maka install aplikasi Quick Reboot untuk bisa memudahkan Anda masuk ke berbagai mode pada ponsel.
  • Tidak Dapat Menghubungkan Bluetooth.
Dengan Fitur konektivitas Bluetooth bisa jadi sarana penting dalam memindahkan data atau file. Dan fitur koneksi Bluetooth tidak menggunakan kuota. Jika ponsel Samsung Anda sulit untuk terhubung dengan perangkat Bluetooth smartphone launnya cobalah mengecek kembali jumlah perangkat yang sudah terhubung dengan smartphone Anda. Caranya masuklah ke menu Settings lalu pilih opsi Bluetooth. Hapus semua daftar perangkat yang terkoneksi dengan Bluetooth Anda lalu lakukan restart.
  • Susah Terhubung Dengan Wi-Fi.
Terkadang susah terhubung dengan fitur Wi-Fi. Caranya supaya dapat kembali terhubung dengan jaringan Wi-Fi adalah melakukan restart pada router ataupun smartphone Anda. Andaikan sudah dilakukan tetapi masih saja belum bisa cobalah lakukan Forget Network kemudian ulangi kembali. Namun jika masih belum bisa terhubung maka laukan Reset Factory lalu cek updates OS nya.

    Demikianlah Cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada Smartphone Samsung, dan beberapa masalah pada smartphone Samsung yang selama ini menjadi kendala pada pengguna ponsel pintar asal Korea Selatan tersebut. Bisa diharapkan dengan memahami berbagai problem di atas dan cara mengatasinya semoga tidak ada lagi masalah-masalah muncul di smartphone Samsung. Dengan banyaknya produk Samsung saat ini memang menjadi pasar potensial dan tentu saja anda harus memahami cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada Smartpone Samsung, sekian terimakasih.

* Anda bisa baca :

Artikel Terkait Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Smartphone Samsung. :

Diberdayakan oleh Blogger.