Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Bergetar (Vibra Rusak).


      Bagaimanakah cara memperbaiki HP android yang tidak bisa bergetar(vibra rusak)? Jika anda pernah mengalami bahwa  tiba-tiba hp android yang anda miliki tidak bisa bergetar atau getar tidak berfungsi, perlu diketahui bila Hp yang tiba-tiba tidak getar atau Vibrate nya rusak bisa diakibatkan oleh berbagai macam problem, biasanya diawali dengan sering terbentur benda yang keras atau sering terjatuh dan bisa juga akibat software atau android terkena virus.

Bisa dipastikan bahwa HP yang tidak bisa bergetar biasanya ada faktor sebelumnya, tidak jarang sekali terjadi secara tiba-tiba. Jika ingin memperbaiki getar hp yang mati itu harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Sehingga masalah pertama yang perlu diketahui adalah hal apa yang terakhir terjadi atau dilakukan. Maka dari itu perhatikanlah beberapa solusi cara memperbaiki hp android yang tidak bisa bergetar (vibra rusak).

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Bergetar (Vibra Rusak).


Cara Memperbaiki HP yang Tidak Bisa Bergetar (Vibra Rusak).


Berikut ini ada bermacam-macam langkah memperbaiki hp tidak bisa bergetar atau getar yang tidak berfungsi dan cara membedakannya yaitu :

Mengatasi pada HP Samsung yangTidak Bergetar

Perhatikan untuk Smartphone merk samsung tipe apa saja, ada setingan dengan cara :
  • Ketik *#0842#
  •  Kemudian akan muncul menu test vibration
  •  Lalu setelah itu klik ON atau AUTO terserah yang diinginkan.
Pada cara ini hanya bekerja untuk perangkat samsung. Seandainya hanya setingan saja, kemungkinan besar langsung bisa normal kembali

Memperbaiki atau mengatasi HP Tidak Getar saat ada Telepon atau SMS.

Biasanya hal ini yang banyak terjadi, HP tidak bergetar saat ada panggilan masuk atau sms yang masuk padahal ketika dicek pada pengaturan sudah benar. Maka dari itu untuk masalah ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya yaitu :
  • Bisa dicek komponen vibrator dengan menggunakan multiteseter, pastikan komponen masih baik, caranya : Gunakanlah multitester manual skala x1 kemudian hubungan kabel multitester dengan kutub positif dan negatif dari komponen Vibra. Jika komponen Vibra bergetar maka komponen dalam keadaan baik, tetapi bila komponen Vibra tidak bergetar maka kita perlu mengganti komponen Vibra tersebut.
  • Coba bisa dibuka casing dan bersihkan pada PCB karena kemungkinan hanya kotor dan mengganggu jalur.
  • Pada saat membersihkan, harus diteliti juga apakah ada jalur yang putus, jika ada, bisa lakukan jumper pada jalur yang putus, caranya : Lakukan jumper langsung dari IC Pengontrol (IC UI) menuju komponen Vibra.
  • Apabila semua langkah di atas sudah ok, kemungkinan besar adalah komponen User Interface-nya yang rusak, ganti IC UI drivenya. Cara mengeceknya adalah sebagai berikut : Teruskanlah dengan memeriksa jalur positif (+) dari battery menuju ke Vibra . Jika pada jalurnya terputus maka lakukan sistem jumper pada jalur yang terputus tadi. Akan tetapi bila komponen dan jalur Vibra sudah baik, tetapi ponsel tetap tidak bisa bergetar, maka lebih baik coba anda periksa dan uji apakah IC UI masih baik. Dan jika masih baik, maka cukup panasi saja IC UI dengan blower. Jika ternyata IC UI rusak, langkah terakhir bisa diganti dengan IC UI yang baru.
                  * Anda bisa baca juga : Mengatasi playstore yg di blokir Google.

Demikianlah beberapa Cara memperbaiki HP android yang tidak bisa bergetar (vibra rusak) atau ponsel merk apapun yang mengalami gangguan pada Vibr. Begitulah langkah-langkah diatas semoga bisa membantu jika anda mengalami hal tersebut, sekian terimakasih.

  * Anda bisa baca : Cara memperbaiki layar HP/LCD blank putih.

                                : Cara memperbaiki kartu sim(simcard) yg tdk terbaca oleh HP.

Artikel Terkait Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Bergetar (Vibra Rusak). :

Diberdayakan oleh Blogger.