Mengembalikan jika File Terhapus pada Komputer


    Bagaimanakah cara mengembalikan jika File terhapus pada Komputer ? Andaikan anda mempunyai file yang sangat penting dan kemudian denan tidak sengaja terhapus atau terdeteksi virus oleh antivirus anda, biasana akan membuat terkejut juga panik pada saat itu. Tetapi jangan kuwatir karena ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan jika file terhapus pada komputer.

Ada pengalaman yang pernah terjadi yaitu file penting yang kami miliki terdeteksi sebagai virus dan terhapus secara langsung oleh antivirus yang saya gunakan. Akan tetapi setelah kami teliti lagi di file karantina antivirus tadi, kami telah menemukan file yang hilang tadi, dan akhirnya kami mengembalikan file yang hlang itu dan masalahpun bisa segera teratasi, yaitu dengan cara mengembalikan jika file terhapus pada computer.


Tetapi andaikan masalah yang terjadi pada anda yaitu dengan file yang terhapus tidak sengaja dan memang bukan terdeteksi sebagai virus, masalah itu sangatlah mudah untuk dikembalikan lagi. Caranya bisa melihat di recycle bin, dan disana biasanya ada file yang sudah anda hapus.
Jika anda baru saja mengalami kejadian tersebut, contoh bila sedang mengklik suatu folder dan tidak sengaja folder tersebut terhapus. Lakukan dengan cara menekan tombol CTRL+Z maka folder yang terhapus tadi akan kembali lagi seperti semula.

Perlu diketahui bahwa Fungsi dari tombol CTRL+Z adalah untuk membatalkan perintah sebelum nya dan biasa disebut undo. Maka dari itu, jika setelah membaca artikel ini, dan kebetulan tidak sengaja melakukan delete pada file anda, anda jangan langsung pergi ke folder lain atau tab lain. Tekan saja CTRL+Z maka file tersebut akan kembali lagi.
Tetapi andai saja memang anda sudah terlanjur meninggalkan tab tersebut dan mencari keberadaan file yang terhapus tadi, lakukanlah cara di bawah ini untuk mengembalikan jika file terhapus pada computer :


Mengembalikan jika File Terhapus pada Komputer.

 

Mengembalikan jika File Terhapus pada Komputer

  •  Periksa Folder Recyle Bin Untuk cek File Yang Di Hapus
Jika telah meninggalkan tab letak file anda terhapus itu, anda sudah tidak mungkin untuk menekan CTRL+Z untuk mengembalikan file caranya adalah sebagi berikut :

Lakukan memeriksa folder recycle bin, karena memang disitulah tempat sampah nya komputer / laptop, file yang telah dihapus akan masuk ke recycle bin sebelum akhirnya terhapus permanen.

Dan jika menemukan file yang tidak segaja terhapus tadi, anda bisa mengklik kanan pada file tersebut dan klik "restore". Setelah itu anda mengkliknya, maka file tersebut akan kembali ke folder asal nya. Anda bisa mengecek letak file tersebut sebelum terhapus.


Gb. Mengembalikan File Terhapus

Perhatikan gambar diatas, misalkan anda ingin mengembalikan folder Youtube, anda mengklik kanan pada folder tersebut, dan selanjutnya klik Restore. Akhirnya file yang anda inginkan akan kembali terlihat pada folder sebelum file itu dihapus.
  • Gunakanlah Fitur Windows Restore Previous Version
Kemudian anda bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan dalam PC / Laptop anda, andaikan memang ingin menggunakan cara ini. Bisa dipastikan komputer anda sudah pernah di backup. Masalahnnya fitur ini memang membutuhkan data backup untuk mengebalikan folder yang terhapus. Yaitu dengan cara menggunakan fitur "Restore Previous Version" ini anda bisa mengklik kanan pada folder tempat file anda diletakan yang terhapus tadi.

Gb. Mengembalikan File Terhapus

Gambar di atas contoh file yang terhapus, yaitu file dengan judul "Raden karnal" dan letak file raden karnal tadi adalah di folder "Blog". Sekarang anda bisa mengklik kanan pada folder "Blog" dan klikrestore previous version, maka akan muncul beberapa backpup yang telah anda lakukan sebelumnya tadi.

    Demikianlah cara mengembalikan jika File terhapus pada computer, dengan cara atau langkah-langkah tersbut di atas maka anda bisa melakukan dan menggunakannya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan maka bisa diperhatikan secara baik dan teliti supaya benar-benar sukses usaha untuk mengembalikan jika File terhapus pada Komputer, sekian terimakasih.

* Anda bisa baca : 

Artikel Terkait Mengembalikan jika File Terhapus pada Komputer :

Diberdayakan oleh Blogger.