Mengatasi jika Bootloop pada HP Android.


     Bagaimanakah cara mengatasi jika bootloop pada HP Android ? Pada saat sekarang ini memang cukup banyak Hp android yang menawarkan bermacam-macam spesifikasi dan fitur yang lebih canggih. Namun sebagus-bagusnya ponsel pintar yang beredar terkadang juga bisa mengalami problem ataupun eror yang susah untuk diketahuinya..

Sedangkan mengatasi jika Bootloop pada Hp Android adalah Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan hp android yang cukup sering dialami pada banyak pengguna yaitu gagal booting atau bootloop. Masalah bootloop ini disebabkan karena terjadi kerusakan pada sistem android hingga perangkat android mengalami gagal melakukan start-up. Sehingga hp android anda tidak bisa masuk ke menu home. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan bagaimana mengatasi jika bootloop pada HP Android.

Pada Bootloop atau gagal booting di hp android memang merupakan permasalahan yang sering terjadi, terkadang masalah tersebut bisa terjadi disebabakan hp gagal dalam melakukan upgrade sistem, lalu ada juga yang dikarenakan salah dalam menggunakan firmware android juga bahkan bootloop bisa terjadi saat anda melakukan root namun gagal, yang akhirnya pada saat direstart dan dinyalakan hanya bisa menampilkan logo atau merek ponsel-nya saja. Dan perhatikan langkah atau cara mengatasi jika bootloop pada HP Android.

Mengatasi jika Bootloop Pada Hp Android

Mengatasi jika Bootloop pada HP Android.

Di bawah ini adalah langkah-langkah atau cara mengatasi jika bootloop pada HP android :
  •  Jika Android Light Bootloop
Pada Android Light Bootloop adalah salah satu problem bootloop pada ponsel hp android yang termasuk ringan. Sedangkan permasalahan itu bisa terjadi pada saat anda menggunakan ponsel untuk bermain game, menginstal aplikasi atau menonton video dengan tiba-tiba saja terjadi restart atau re-boot sendiri. Kemudian setelah menyala lagi ternyata hp tidak bisa masuk ke menu melainkan hanya menampilkan logo ponsel saja.

Caranya mengatasi yaitu :

Andaikan saja anda mengalami masalah serupa, karena problem tersebut terbilang masih bootloop ringan maka anda bisa memperbaikinya dengan melepas baterai ponsel sebentar saja lalu memasangnya kembali. kemudian bisa dicoba nyalakan kembali ponsel, dan biasanya dengan cara tersebut ponsel android sudah bisa booting secara normal seperti semula.
  •  Android Medium Bootloop
Dengan bootloop android untuk yang ini biasa terjadi akibat dari seringnya aktivitas pengguna yang selalu saja mengotak-atik fitur-fitur android dan masuk ke system recovery. karena seperti yang kita tahu bahwa system recovery merupakan bagian terpenting dari sebuah ponsel android, biasanya dari system recovery tersebut kita bisa melakukan rooting ponsel. Sehingga memang keadaan sistem itu sangat dilindungi apabila pengguna melakukan mengotak-atik dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat bootloop. Sedangkan kerusakan ini termasuk bootloop tingkat menengah dan anda bisa memperbaikinya dengan masuk ke sistem recovery untuk mem-backup ulang lagi.

Sedangkan Cara mengatasinya adalah :

Kemudian cara mengatasi bootloop tipe medium ini anda memerlukan sebuah Laptop atau PC sebagai media untuk mem-backup data recovery imgae dan file recovery CWM atau aslinya. Namun cara ini bisa berhasil apabila kita sudah pernah mem-backup data ROM pada hp tersebut. dan anda belum pernah mem-backup data ROM-nya, maka anda bisa mencari data recovery yaitu khusus untuk tipe ponsel terebut di google. Karena andaikan datanya tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula lagi.
  •  Android Hard Bootloop
Pada Android hard bootloop biasanya terjadi akibat dari aktivitas anda pada waktu mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah. Sehingga aktivitas tersebut juga bisa memicu terjadinya bootloop pada ponsel yang kita gunakan. Sedangkan ciri-cirinya adalah saat ponsel dinyalakan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa diutak-atik lagi alias macet total.

Cara mengatasinya :

Untuk kerusakan yang ini bisa tergolong cukup parah, karena cara mengatasinya bootloop tersebut harus menggunakan Laptop atau PC. Jadi laptop yang digunakan untuk memperbaiki juga harus di instal menggunakan aplikasi khusus untuk menginstal ulang OS android ataupun untuk melakukan Flasing Rom (firmware). Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda-beda tergantung merek dan tipe ponsel itu sendiri.

     Demikianlah cara mengatasi jika Bootloop pada Hp Android, dan perlu diketahui seperti yang pernah mengalami masalah yang serupa, pasti sangatlah tergangu dan kecewa karena Hp yang anda pegang mengalaami masalah atau kerusakan yang sebenarnya masalah tersebut bisa kita atasi sendiri. Maka dari itu perhatikan langkah atau cara mengatasi jika Bootloop pada Hp Android, sekian terimakasih.

* Anda bisa baca :

Artikel Terkait Mengatasi jika Bootloop pada HP Android. :

Diberdayakan oleh Blogger.