Kekurangan atau Kelemahan Baterai Tanam pada HP.


  Bagaimanakah kekurangan atau kelemahan baterai tanam pada HP ? Seperti yang telah anda ketehui bahwa ada dua jenis baterai pada HP yaitu  baterai Removable dan Non Removable. Baterai removable biasa disebut dengan baterai Li-ion kependekan dari Lithium Ion sedangkan baterai yang tertanam pada HP atau baterai non removable biasa disebut dengan baterai Li-po kependekan dari Lithium Polymer. Pada pertemuan sebelumnya kita bahas kelebihan atau keunggulan baterai tanam pada HP, dan pada kesempatan ini kita bahas tentang kekurangan atau kelemahan baterai tanam pada HP. Sedangkan kekurangan bateai tanam adalah sebagai berikut :

Kekurangan atau Kelemahan Baterai Tanam pada HP.

 

Kekurangan atau Kelemahan Baterai Tanam pada HP.

  • Susah untuk Mengganti Baterai.
Dengan HP yang memakai baterai tanam memang telah didesain supaya tidak dibuka dan dilepas baterainya. Masalah ini akan membuat kendala tersendiri bila sesuatu yang darurat terjadi pada baterai HP anda. Andaikan biasanya anda bisa mengatasinya sendiri pada HP berbaterai cabutan, maka dengan HP baterai tanam anda memerlukan bantuan orang lain yang ahli tentang ponsel atau tukang service center yang disediakan oleh brand HP anda. Untuk bisa menjadi salah satu resiko bagi anda yang memilih HP berbaterai tanam. Beberapa kerusakan yang berkaitan dengan baterai tidak akan bisa anda selesaikan sendiri.
  • Susah mencari Baterai Pengganti.
Biasanya mencari baterai yang serupa untuk mengganti jenis baterai tanam memang terbilang sulit. Disebabkan untuk tidak dapat diganti dengan sembarang orang dan produsen tidak menyediakan stok baterai jenis itu. Dalam mengganti baterai tergolong rumit yang membuat para penjual perangkat pendukung HP memilih untuk tidak menjual dan menerima pemasangan baterai tanam tersebut. Dan akhirnya anda harus berurusan lagi dengan service center. Dan juga  anda harus keluar dana ekstra untuk penggantian baterai yang pastinya lebih mahal dibandingkan dengan baterai cabutan yang mudah didapatkan di pasaran dengan berbagai merk dan tipe yang beraneka ragam.
  • Kesulitan untuk mengatasi Hang
Kadang bisa terjadi Hang yang merupakan masalah dan pasti pernah dialami oleh setiap pemakai HP. Dengan cara yang paling dasar dalam mengatasi hang pada HP adalah melakukan pencabutan baterai. Anda tidak mungkin untuk bisa mengatasinya dengan cara sesimple mencabut baterai yang tidak tanam. Memang ada tipe-tipe HP tertentu  yang telah menyediakan kombinasi tombol yang dapat digunakan dalam mengatasi kasus hang pada HP. Akan tetapi pada beberapa macam HP lainnya yang tidak memiliki alternatif dalam mengatasi HP yang hang tesebut. Akhirnya satu-satunya cara adalah menunggu daya baterai HP tersebut habis dan memulainya dari awal setelah charging, bisa jadi merepotkan bagi anda yang tak bisa terlepas dari aktivitas menggunakan HP dalam sehari-hari.
  • Lebih mudah Konslet
Untuk HP yang memiliki baterai tanam bisa terjadi resiko rawan konslet. Masalah ini karena anda tidak memiliki akses untuk membuka casing. Yang akhirnya bila terjadi sesuatu hal pada HP anda yang berhubungan dengan air, seperti terkena hujan atau bahkan tercebur anda tidak bisa membuka casing untuk mengeringkannya seperti HP berbaterai cabutan yang biasanya dikeringkan mesinnya dengan cara membuka casing dan melepas baterai. Akhirnya andaikan didiamkan terlalu lama, HP berbaterai tanam yang terkena air tersebut pastinya berpotensi konslet bahkan mengalami kerusakan yang serius pada HP tersebut.
  • Sedikit tersedia Baterai Double Powernya
Andaikan anda pemakai HP yang suka mengganti HP dengan baterai double power, yaitu baterai setipe namun memiliki daya dua kali lipat dari aslinya dapat dipastikan anda akan sulit untuk melakukan atau mengganti dengan baterai tanam itu. Disebabkan baterai tanam sangat sulit dicari di pasaran maka baterai double powernya pun menjadi lebih sulit dicari bahkan tidak tersedia sama sekali. Untuk itu jika anda ingin memakai HP baterai tanam, perkirakanlah apakah daya baterai tersebut sudah sesuai dengan kebutuhanmu sehingga tidak perlu untuk mencari baterai double power yang telah menjadi kebiasaan anda.

Meski begitu bila memang kamu harus mencari baterai baru untuk kebutuhan HP, maka kamu perlu memperhatikan hal-hal penting dalam memilih baterai yang berkualitas.

Di bawah ini akan dijelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilh baterai yang bagus supaya anda bisa memperoleh baterai yang bermutu :
  •  Masalah yang penting adalah pilihlah baterai dengan merk ternama, dan lebih baik bila menggunakan merk yang sama dengan baterai bawaan HP anda.
  •  Kemudian anda tidak perlu terpengaruh oleh tawaran baterai yang memiliki daya tinggi dengan tipe dan bentuk yang sama, karena pada saat ini terdapat banyak sekali baterai yang merupakan tiruan maupun baterai palsu dengan daya yang tidak sama seperti yang dinyatakan itu.
  •  Bisa dipilih baterai dengan kemasan dan tulisan yang jelas didasarnya, baterai terbaik akan memiliki kualitas cetakan tulisan dan hologram yang jelas.
  •  Anda bisa perhatikan volume baterai, yaitu dengan daya besar tentunya akan memiliki volume lebih besar dibandingkan dengan baterai berdaya kecil. Untuk itu janganlah sampai anda salah pilih.
  •  Pilihlah baterai yang memiliki garansi. Sebab baterai yang bagus pastinya tidak akan segan-segan untuk memberikan garansi yang cukup lama.
   Demikianlah kekurangan atau kelemahan baterai tanam pada HP, untuk itu penjelasan di atas bisa menjadikan pertimbangan anda dalam memilih HP yang memakai baterai tanam. Semua itu memang tak lepas dari selera masing-masing orang khususnya dalam pengunaan ponsel yang tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Maka dari itu bisa diperhatikan penjelasan di atas yaitu tentang kekurangan atau kelemahan baterai tanam pada HP, sekian terimakasih.

* Anda bisa baca : 

Artikel Terkait Kekurangan atau Kelemahan Baterai Tanam pada HP. :

Diberdayakan oleh Blogger.