Mengatasi Kamera yang Gagal/Failed pada Android.

        Bagaimanakah Cara Mengatasi Kamera yang Gagal/failed pada Android? Pada jaman sekaang ini telah berkembang sangat pesat teknologi yang mengharuskan pada setiap orang memiliki ponsel kamera dan dibawanya setiap waktu, disaat sebuah momen atau waktu kejadian yang penting tentunya anda ingin mengabadikannya melalui kamera ponsel, baik itu sebuah foto atau pun video. Kemudian bagaimana jika pada waktu kita hendak memotret atau merekam dengan vidio dan saat anda membuka ponsel lalu menekan menu kamera, yang akhirnya tiba-tiba muncul peringatan Camera Failed, pasti sangatlah mengecewakan dan meyebalkan. Setelah itu bagaimanakah cara mengatasi kamera yang Gagal/failed pada Android ?

Pada kamera yang Gagal atau Kamera Failed muncul di HP Android biasanya karena disebabkan oleh file atau aplikasi kamera bawaan yang ada problem. Bisa juga korup (Corrupt) atau error pada aplikasi kamera yang asli dari bawaan ponsel. Walaupun banyak aplikasi pada kamera di Android dan bahkan aplikasi kamera tembus pandang yang ditawarkan di Google Playstore terkadang juga bisa mengalami gagal atau failed. Tetapi banyak  orang yang lebih nyaman menggunakan aplikasi kamera bawaan dikarena hasilnya lebih baik karena natural dan original.

Banyak juga penyebab bahwa HP android kamera gagal/failed. Dan jika secara nyata atau fisik, bisa disebabkan karena jatuh, atau terbentur benda yang keras. Bisa juga ada kerusakan dari software, seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu kerusakan atau error aplikasinya. Ada juga kmungkinan gejala awal dari munculnya Kamera Gagal disebabkan oleh kondisi baterai yang hampir habis kemudian digunakan untuk memotret dan di tengah-tengah pemotretan atau pengambilan gambar hp mati karena tidak kuat baterainya. Setelah itu pada waktu dinyalakan kondisi baterai sudah penuh, kamera tetap saja tidak bisa dibuka. Jika kamera gagal disebabkan karena jatuh atau terbentur benda keras, kebanyakan ada beberapa komponen yang harus diperbaiki. Kalau keaadaanya sudah begitu maka lebih baik segera bawa ke Service Center yang bonafit. Akan tetapi jika sebelumnya tidak terjadi apa-apa namun tiba-tiba muncul tulisan Kamera Gagal, coba ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Mengatasi Kamera yang Gagal/Failed pada Android

 

Mengatasi Kamera yang Gagal/Failed pada Android.


Ada bebeapa hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa cara di bawah ini bisa digunakan atau dapat bekerja juga untuk HP Android yang sudah di-ROOT maupun belum atau bawaan aslinya.

Pada messages atau tulisan yang nampak saat kamera gagal biasanya bertuliskan : "Camera failed ErrorCallbakOnError", atau "Error Message Handler.handlerMessage (-1)", atau "Cannot connect to camera".

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Kamera yang Gagal/Failed pada Android :
  • Cara pertama adalah melakukan restart, atau istilahnya Reboot. Banyak beberapa ponsel memiliki tombol reboot pada tombol on/off dengan langkah awal menekan satu kali akan muncul pilihan Reboot.
  • Bila mana setelah reboot masih tampak Kamera Gagal, coba untuk membersihkan aplikasi Kamera mulai dari Cache dan juga Data. Masuk ke menu pengaturan >> Aplikasi >> pilih Kamera. Setelah itu klik Hapus Data. Otomatis Cache pun akan hilang terhapus. Tetapi jika hanya hapus Cache, data masih tetap ada.
  •  Setelah cara di atas masih tetap belum bisa mengatasi muncul kamera Gagal, lakukan Factory Reset dengan mengembalikan ke pengaturan awal.  Biasanya ada pada menu pengaturan dan letaknya berada di paling bawah.
  • Pada HP yang sudah pernah diroot, bisa melakukan penggantian Custom ROM Ganti custom ROM dengan yang baru karena bisa saja akibat custom ROM yang tidak sempurna.
  • Tetap untuk ponsel yang telah diroot, bisa dilakukan penghapusan aplikasi kamera dan kemudian pasang lagi untuk memastikan pemasangan atau install yang sempurna.
Demikianlah cara mengatasi kamera yang gagal/failed pada android, Juga Ada yang menganggap bahwa kamera gagal/failed karena akibat virus. Maka dari itu perlu anda kenali Ciri-ciri android terkena virus agar tidak salah analisa. Begitulah Cara mengatasi kamera yang gagal/failed pada android, sekian terimakasih.

   * Anda bisa baca : Mengatasi play store yang diblokir google.

                                 : Cara memperbaiki layar HP/LCD blank putih.
                                 

Artikel Terkait Mengatasi Kamera yang Gagal/Failed pada Android. :

Diberdayakan oleh Blogger.