Cara Memperbaiki Aplikasi yang Tidak Bisa Diinstall pada Android.


 Bagaimanakah cara memperbaiki aplikasi yang tidak bisa diinstal pada android? Juga apa yang menjadikan penyebab aplikasi tidak bisa diinstall dan sering gagal pada saat install aplikasi di hp android anda? di sini kita akan mempelajari tentang penyebab-penyebab dan juga cara mengatasi atau memperbaiki aplikasi yang diinstall tidak bisa. Jika kita mengunduh di PlayStore dan telah selesai lalu tiba-tiba gagal memasang aplikasi tersebut. Maka dari itu marilah kita bahas untuk mendapatkan solusi pada maslah ini.

Pada aplikasi yang gagal diinstall pada android kadang bisa terjadi serta merta atau secara tiba-tiba, yang bisa diartikan bahwa sebelumnya tidak terjadi problem akan tetapi selalu gagal menginstall aplikasi walaupun sudah kita coba untuk menghapus beberapa aplikasi lain yang tidak diperlukan. Juga bisa ada kemungkinan aplikasi yang ingin dipasang tidak sesuai dengan hardware atau software smartphone android kita, sekalipun HP atau smartphone android milik kita merupakan smartphone dari pabrik terkenal seperti HP Samsung, Sony, LG, Advan, Oppo dan lain-lain, karena semua itu bukan menjadi jaminan masalah kegagalan pada pemasanagan aplikasi ini.

Pada aplikasi yang telah gagal terpasang kebanyakan akan muncul pesan error, contohnya "not enough space on device" atau "out of space" dan lain-lainnya lagi. Pada pesan seperti inilah yang bisa kita jadikan acuan dalam Mengatasi atau memperbaiki Aplikasi yang Tidak Bisa Diinstall pada Android..

Dengan aplikasi Android yang tidak bisa diinstall atau gagal pemasangan disebabkan oleh banyak faktor, atau misalnya tidak sesuai versi atau tidak kompatibel(compatible) antara aplikasi yang kita unduh dengan versi android di Smartphone atau tablet android yang kita punya. Dan bisa jadi karena pernah memasang aplikasi itu dan telah meningalkan bekas sehingga akan menjadi penyebab error. Dan untuk selengkapnya tentang penyebab aplikasi android yang telah gagal pemasangan, maka bawah ini akan kita jelaskannya.



Memperbaiki Aplikasi yang Tidak Bisa Diinstal pada Android.

 

Cara Memperbaiki Aplikasi yang Tidak Bisa Diinstal pada Android.


 Perlu kita ketahuai bahwa ada beberapa penyebab yang bisa menjadikan aplikasi gagal diinstall, diantaranya yaitu :
  • Pada umumnya Versi dari sistem operasi OS android tidak sesuai/not compatible. Peristiwa ini biasanya dilakukan pada pengguna yang mengunduh aplikasi tidak dari PlayStore atau aplikasi yang minta dari hp pada orang lain. Yang akhirnya bisa menjadi aplikasi tersebut tidak support dengan versi android milik kita. Oleh karena itu pada setiap aplikasi android memiliki spesifikasi untuk bisa dipasang di beberapa versi android saja. Alangkah baiknya pada setiap menginstall atau memasang aplikasi dilakukan dengan melalui PlayStore
  •  Jika masih berlangsung atau terbukanya aplikasi di Smartphone kita, dan apabila masih ada aplikasi lain yang sedang berjalan, maka akan mempengaruhi pemasangan aplikasi baru. Bisa dibenarkan juga bahwa tidak semua aplikasi yang dapat menimbulkan masalah berikut ini, biasanya akan bisa terjadi antara aplikasi yang memiliki fungsi yang tidak berbeda atau sama.
  • Di dalam memory yang tidak cukup sehingga bisa mengakibatkan gagal pemasangan. Pada problem ini biasa terjadi seperti masalah pada poin 1 yaitu memperoleh aplikasi tidak melalui PlayStore.
  • Pada sisa-sisa history atau Cache masih menyimpan atau masih ada. Hal ini dialami oleh pengguna Android yang melepas atau unninstall pada aplikasi dan akhirnya ingin mengunduh lagi, andaikan terjadi error berarti disebabkan oleh sisa Cache yang belum bersih atau belum habis sehingga mengakibatkan error.
Berikut ini cara mengatasi atau memperbaiki aplikasi yang tidak bisa diinstall pada android, sedangkan cara-caranya adalah sebagai berikut :
  •  Seandainya ada suatu kegagalan pemasangan aplikasi akibat Memory yang penuh atau RAM yang digunakan sudah kebanyakan, lebih baik dihapus saja beberapa aplikasi yang tidak dipakai supaya bisa membantu meningkatkan kinerja ponsel atau tablet android anda.
  • Bisa dilakukan pembersihan RAM secara berskala. Buka Task Manager >> RAM >> Clear Memory
  • Dianjurkan untuk selalu menginstall aplikasi dari Google PlayStore
  • Andekan gagal dalam pemasangan aplikasi disebabkan karena aplikasi yang pernah anda install dan sudah dihapus, berarti yang perlu dilakukan adalah menghapus data history dan folder yang masih tersisa. Caranya yaitu dengan menghapus atau membersihkan cache juga data pada aplikasi google plays store, buka Setelan (setting) > Apl/Apps > Running > Google Play Store > Clear Cache dan Clear Data serta Force Stop aplikasi Play Store tersebut. Jika melakukan ini bisa mengakibatkan akun gmail/google anda sign out, jadi jika lupa password disarankan untuk tidak melakukan ini.
  • Disamping itu juga penting untuk menghapus atau membersihkan cache pada aplikasi android seperti google chrome, facebook, BBM, juga perangkat lunak lainnya. Caranya yaitu buka Setelan (setting) > Apl/Apps > Downloaded kemudian buka perangkat lunak satu persatu lalu hapus atau bersihkan. Masalah ini akan membersihkan aplikasi atau data yang tidak perlu yang akhirnya kapasitas memory yang kosong bisa bertambah.
  • Ande kata memang semua langkah diatas sudah dijalankan akan tetapi masih belum bisa menginstall, lakukan factory reset. Caranya bisa dengan membuka di dalam pengaturan.
Demikianlah Cara Mengatasi atau memperbaiki Aplikasi yang Tidak Bisa Diinstall pada Android, semoga bisa membantu bagi anda semua yang selama ini pada saat menginstall aplikasi android selalu mengalami gagal atau terjadi kesalahan pemasangan pada aplikasi, terimakasih.

 * Anda bisa baca :

Artikel Terkait Cara Memperbaiki Aplikasi yang Tidak Bisa Diinstall pada Android. :

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.