Cara Mengatasi Sinyal yang Hilang pada HP (Handphone).


       Bisa anda ketahui bahwa bagaimanakah cara mengatasi sinyal yang hilang pada HP (Handphone)? Mungkin saja anda termasuk salah satu pengguna handphone yang mengalami tidak ada sinyal atau sinyal hilang pada saat kita memasukkan SIM card. Pada waktu anda menyalakan ponsel, akan tetapi tidak ada sinyal ataupun jaringan yang hilang dan tidak muncul pada LCD ponsel. Kemudian bagaimana memperbaikinya supaya anda tidak buru-buru datang ke tukang service. Maka dari itu luangkanlah waktu sejenak untuk belajar menelusuri pada problem tersebut yaitu dengan cara mengatasi sinyal yang hilang pada HP (handphone). Sedangkan cara atau langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Cara Mengatasi Sinyal yang Hilang pada HP (Handphone).


Cara Mengatasi Sinyal yang Hilang pada HP (Handphone).


Langkah pertama adalah lakukan pengecekan :
Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu bagian komponen antena dan konektor antena. Dan pastikan tidak ada yang terputus. Lebih-lebih jika ponsel anda merupakan ponsel dengan antena dalam, yang berhubungan dengan PCB atau mainboard melalui dua pointer kontak yang elastis. Jika kedua pointer kontak ini mengalami kontak yang jelek, masalah yang muncul adalah tidak adanya jaringan (no network) dan penerimaan sinyal yang jelek bahkan sinyal hilang (no signal). Khususnya dengan mesin yang terbentur atau jatuh ke dalam air, kontak yang jelek dan oksidasi akan terjadi pada pointer kontak. Perlu diperhatikan juga bahwa saklar antena adalah satu-satunya jalan untuk rnenerima dan mengirim sinyal, jika rusak atau penyolderan pin-nya rusak, akan muncul masalah tidak adanya network atau transmisi.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu : coba cari jaringan pada ponsel dengan metode manual, apabila dengan metode manual ini gagal dalam mencari jaringan, maka anda bisa pastikan ada masalah dalam IC RF (HAGAR), untuk itu gantilah IC RF (HAGAR) dan masalah akan bisa berasil ditemukan.
Bisa saja jaringan dapat dicari dengan metode manual tetapi kadang-kadang masih bisa gagal, bahkan tidak dapat terhubung juga dengan jaringan. Gejala ini disebabkan masalah IC RF (HAGAR), IC AUDIO (COBBA). Apabila modul COBBA menampakkan adanya kesalahan, kemungkinan besar memang disebabkan oleh penyolderan BGA-nya dan unit-unit di sekitarnya yang buruk, atau kekurangan arus, sedangkan kebanyakan masalah HAGAR dikarenakan unit-unitnya kurang baik.

Andaikan saja dalam mencari jaringan dengan metode manual pada ponsel kita hanya mendapatkan 1 (satu) operator/penyedia jasa layanan selular saja, maka ada masalah dengan IC VCO, gantilah IC VCO ini maka masalah akan teratasi.

Sedangkan jika tidak ada masalah dengan metode manual, periksalah jalur arus dari battery ke IC PA, dan bila tidak ada masalah dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi dengan baik. Anda bisa gunakan multitester untuk menguji IC PA, jika ternyata IC PA tidak berfungsi dengan baik, kita ganti IC PA ini maka masalah akan teratasi.

Kemudian setelah pengujian dan perbaikan pada hardware kita lakukan tetapi sinyal tetap tidak ada/hilang, maka kita beranjak pada softwarenya. Kita flash ponsel sesuai dengan jenis ponsel dan versi software ponsel sebelumnya ataupun dengan versi software yang lebih baru ( upgrade).

 Dengan masalah sinyal yang tidak stabil terkadang bisa menganggu kita pada waktu sedang membutuhkan fungsi ponsel untuk melakukan panggilan yang bisa dibilang penting. pada masalah sinyal sebenarnya disebabkan oleh 2 hal yakni, kualitas sinyal dari BTS operator yang lemah dan kondisi ponsel itu sendiri yang memang memiliki masalah di dalamnya. Jika pancaran sinyal BTS memang tidak memiliki masalah sama sekali maka bisa dipastikan bahwa masalah yang terjadi disebabkan oleh ponsel itu sendiri.

Pada ponsel yang bermasalah dengan sinyal juga memiliki 2 kemungkinan yaitu yang berasal dari software atau hardware. Sedangkan langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perbaikan software dengan tuning signal. Bila setelah melakukan tuning signal masih saja meiliki masalah, maka langkah terakhir adalah melakukan pergantian pada komponen switch antena, IC RF, PA, Audio dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan lemahnya sinyal ponsel.

Pada Switch antena yang lemah, bukan berarti harus dilakukan pergantian. Apabila memang dana yang dimiliki sangat terbatas, maka kita bisa melakukan jumper switch antena tanpa harus mengganti IC PA.

Perhatikanlah Teknik Jumper Switch Antena HP

Peralatan yang dipersiapkan untuk Teknik Jumper ini adalah :

    Solder berikut timah 0,3 mm
    Cairan Flux
    Kabel jumper 0,3 mm


Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
    - Lepaskan casing ponsel sampai tinggal PCB/Board Ponsel
    - Siapkan kabel jumper untuk disambung pada titik yang sesuai pada gambar, tepatnya di IC PA
    - Setelah melakukan jumper, satukan kembali bagian-bagian ponsel seperti semula.
    - Ponsel sudah bisa digunakan dengan tangkapan sinyal yang lebih baik.

Perlu diingat bahwa teknik jumper switch antena ini akan berpengaruh pada kemampuan ponsel dual band menjadi satu band saja, yakni 900 MHz. Trick ini disarankan hanya untuk menyiasati keterbatasan dana. Bila memang tidak ingin kehilangan kemampuan ponsel dual band menjadi satu band saja, maka alternatifnya adalah melakukan pergantian IC PA dengan yang baru.

     Demikianlah Cara Mengatasi Sinyal yang Hilang pada HP (Handphone) untuk mendapatkan hasil yang memuaskan maka ikutilah langkah-langkah di atas dengan benar. Untuk itu apabila ponsel anda terjadi gangguan masalah jaringan maka perbaiakilah dengan cara mengatasi sinyal yang hilang pada HP (Handphone). Sekian terimakasih.

       * Anda bisa baca : Cara atasi HP blackberry yg macet pd waktu loading 

                                     : Cara memperbaiki HP android yang cepat panas.

Artikel Terkait Cara Mengatasi Sinyal yang Hilang pada HP (Handphone). :

Diberdayakan oleh Blogger.